Dua puluh tahun yang lalu, sebuah bisnis membuka etalase, memasang iklan di koran lokal, bergabung dengan sebuah organisasi jaringan lokal dan berharap pelanggan lokal membutuhkan apa yang mereka tawarkan. Semua itu berubah dengan dimulainya internet.
Bisnis tidak lagi bergantung pada basis pelanggan lokal untuk kelangsungan hidupnya; sekarang memiliki khalayak untuk barang dan jasa di seluruh dunia. Internet telah mengubah tidak hanya basis pelanggan bisnis, tapi bagaimana bisnis berkomunikasi dengan para pegawainya, dan menemukan dan mengelola persaingan.
Komunikasi
Kemampuan bisnis untuk berkomunikasi dengan karyawan, pelanggan dan rekan berubah secara dramatis saat Internet menghasilkan alat komunikasi baru. Email dan instant messaging telah mengubah wajah komunikasi bisnis. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Small Business Administration, 36 persen pemilik bisnis wanita dan 38 persen pemilik bisnis pria sering menggunakan email, sementara lebih dari setengah pria dan wanita menggunakan email setidaknya sesekali.
Telecommuting
Banyak bisnis sekarang menawarkan pilihan bagi karyawan mereka untuk bekerja dari rumah menggunakan peralatan kantor yang disediakan oleh perusahaan. Proses ini, yang disebut sebagai telecommuting, memungkinkan bisnis mengurangi biaya overheadnya karena membutuhkan ruang kantor yang lebih sedikit dan menggunakan lebih sedikit utilitas untuk operasi sehari-hari. Menurut situs Commuter Suite, pada tahun 2008, 33,7 juta karyawan telecommuted.
Pemasaran
Dengan munculnya pemasaran Internet, bisnis harus tetap mengikuti kebutuhan pelanggannya. Persaingan kini terjadi seluruh dunia karena dengan adanya internet. Adalah penting bahwa bisnis mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan menyampaikannya. Survei, kuesioner, formulir umpan balik dan komentar di situs web dapat digunakan untuk memantau kebutuhan pelanggan bisnis.
Periklanan
Termasuk internet dalam anggaran periklanan bisnis memperluas kemampuan bisnis untuk menarik pelanggan dari halaman belakang mereka ke keempat penjuru dunia. Situs web, penempatan spanduk dan pengoptimalan mesin telusur, juga disebut sebagai SEO, memungkinkan bisnis hadir di web dan menjangkau jutaan calon pelanggan.
Kolaborasi
Bekerja dengan bisnis dan profesional lain disederhanakan dengan penggunaan Internet. Seminar internet, juga disebut webinar, berkolaborasi dalam proyek dengan orang-orang di seluruh dunia semudah masuk ke situs web.
Penelitian
Bisnis menggunakan Internet untuk meneliti ide produk baru, metode baru untuk menciptakan produk dan informasi harga. Sebuah bisnis juga dapat meneliti persaingan untuk melihat produk dan layanan apa yang ditawarkan. Jika sebuah perusahaan mencari untuk memperluas ke lokasi tertentu, Internet dapat digunakan untuk meneliti populasi, kebutuhan dan produk dan layanan apa yang akan dijual paling baik di wilayah itu.