Saat ini teknologi sudah merambah berbagai lapisan kehidupan umat manusia. Dari berbagai bidang yang ada, bisa dikatakan peran teknologi sudah hadir dan banyak membantu manusia dalam berbagai hal.
Dalam sebuah usaha atau bisnis, banyak perusahaan besar yang sudah punya nama sekalipun tidak mau ketinggalan dan memanfaatkan teknologi khususnya internet seperti saat ini. Perusahaan-perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan akan tersingkir karena akan kalah bersaing dengan pesaing yang bisa memanfaatkan dengan baik teknologi yang sudah ada.
Jika perusahaan besar pun memanfaatkan teknologi untuk mendorong kesuksesannya, sudah tentu ini harus diikuti oleh para pelaku usaha mikro(menengah kebawah) untuk bisa meningkatkan usahanya. Ada beberapa alasan mengapa menerapkan teknologi sangat penting dilakukan untuk usaha saat ini.
1. Memperluas jaringan
Jika Anda sebagai pemilik usaha atau bisnis memiliki sebuah produk untuk dijual, memanfaatkan internet sudah pasti bisa meningkatkan jaringan hingga memberi kesempatan lebih besar untuk menjual lebih banyak.
Tidak diperlukan modal besar dalam memasarkan suatu produk secara online saat ini. Baik pengusaha besar atau kecil, dalam persiangan online semuanya bisa terjadi.
2. Memudahkan mendapatkan pelanggan baru
Setiap orang saat ini khususnya pada masyarakat perkotaan hampir dipastikan telah memiliki akses untuk internet – setidaknya mereka memiliki smartphone yang bisa mengakses internet secara mudah.
Kemudahan internet dalam genggaman membuat beberapa perubahan kebiasaan seperti hal-nya mencari kebutuhan. Orang-orang sedikit demi sedikit telah bergesar dalam transaksi(jual beli) yang banyak memanfaatkan layanan online.
Dengan menerapkan dan memanfaatkan teknologi internet ini, perusahaan Anda bisa menjual dan mendapatkan pelanggan baru lebih mudah.
3. Terlihat profesional
Mungkin bisnis atau usaha Anda memiliki produk dengan kualitas sangat baik, tetapi anggaplah perusahaan Anda belum memiliki layanan seperti website sendiri – tentu ini akan membuat beberapa orang mempertanyakan tentang keprofesionalan-nya.
Memang bukan berarti setiap perusahaan yang memiliki bisnis/usaha dan telah memiliki website sudah berarti profesional, hanya saja, perlu citra yang baik bagi perusahaan seperti memiliki website atau teknologi lain sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang ada.