Marketing online bukan hanya dimiliki oleh situs web mewah untuk perusahaan. Dalam masyarakat yang digerakkan oleh internet saat ini, itu menjadi penting bagi bisnis, baik besar maupun kecil.
Ini penting karena untuk menciptakan perhatian menarik bagi konsumen. Mengapa? Untuk terus menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.
Internet telah membuka pintu bagi ekonomi digital baru yang lebih disukai banyak konsumen daripada toko-toko bata-dan-mortir tradisional. Menurut perkiraan penjualan yang dihasilkan oleh eMarketer, penjualan e-Commerce ritel diperkirakan akan mencapai $ 4,058 triliun pada tahun 2020 di seluruh dunia. Angka ini mencerminkan tren peningkatan pembeli online.
Sayangnya, banyak bisnis tidak menyadari pentingnya pemasaran online, hanya sedikit yang tidak memiliki anggaran dan banyak yang tidak dapat mendedikasikan cukup waktu untuk membuat strategi pemasaran digital. Kesuksesan bisnis adalah tentang memberi pelanggan apa yang mereka inginkan dengan mudah. Perusahaan terkemuka di seluruh dunia berada di depan persaingan karena suatu alasan; mereka tahu bagaimana memanfaatkan pasar e-Commerce yang sedang berkembang yang dipimpin oleh konsumen yang mengerti internet.
Jadi, mari kita diskusikan beberapa alasan mengapa bisnis Anda harus mempertimbangkan marketing online:
Lebih banyak orang online
Konsumen online membentuk kembali tren belanja dan menciptakan lebih banyak peluang untuk bisnis di seluruh dunia. Menurut PwC Total Retail Survey 2016, 54 persen konsumen membeli produk secara online setiap minggu atau setiap bulan. Angka ini diperkirakan akan tumbuh pada tahun 2020, yang mencerminkan peningkatan waktu yang dihabiskan oleh pelanggan secara online.
Jadi sebagai bisnis, apakah itu keputusan yang bijaksana untuk melepaskan peluang penjualan online yang terus meningkat? Tidak peduli apa pun industri tempat bisnis beroperasi, sangat penting untuk membuat gambar online yang menarik bagi pelanggan. Di penghujung hari, Anda ingin mendatangkan penjualan baik melalui media online maupun di toko. Jadi mengapa tidak memanfaatkan keberadaan online?
Pesaing melakukannya, jadi Anda harus melakukannya juga dan lebih baik
Dalam lingkungan yang sangat kompetitif, sebelumnya ide pemasaran online bahkan bukan pilihan. Analisis pesaing yang sederhana akan menunjukkan berapa banyak pesaing Anda yang memilih saluran marketing online. Trik yang sebenarnya adalah melakukannya lebih baik dari mereka, jauh lebih baik.
Alat pemasaran digital menawarkan banyak opsi untuk bereksperimen dengan branding dan pemasaran online. Tugas Anda adalah membuat rencana pemasaran online yang sesuai dengan ideologi bisnis, menarik pelanggan dan tidak melebihi anggaran Anda.
Menargetkan khalayak yang tepat lebih mudah online
Lama berlalu adalah hari-hari ketika pendekatan pemasaran satu ukuran cocok untuk semua tampaknya yang terbaik. Era saat ini menuntut strategi pemasaran yang lebih disesuaikan dan presisi. Untuk setiap produk atau layanan, ada konsumen di suatu tempat di luar sana.
Bagaimana Anda menemukan pelanggan ini dan menawarkan penawaran produk Anda? Pemasaran online adalah jawabannya! Dengan begitu banyak saluran online dan platform media sosial, Anda dapat menargetkan pasar tertentu di mana saja di seluruh dunia.
Pemasaran online adalah hemat biaya
Tidak semua bisnis memiliki anggaran besar untuk pemasaran. Usaha-usaha yang lebih kecil tampaknya paling kesulitan ketika harus mengalokasikan dana untuk tujuan pemasaran, yang membuat persaingan tampak tidak adil. Tetapi pemasaran online telah membuat permainan untuk semua orang. Dunia internet menawarkan peluang yang sama untuk semua bisnis tidak peduli ukuran, anggaran atau lokasi. Yang perlu dilakukan adalah menemukan alat dan layanan online yang tepat seperti pengelolaan daftar lokal, pemasaran konten, Search Engine Optimization, dan Pemasaran Media Sosial untuk memposisikan bisnis secara online.