Start-up Indonesia Ini Ciptakan Layanan ‘PayPal’ UKM

Dalam dunia teknologi keuangan, konsumen mungkin sering mengaitkan lapangan dengan platform mirip PayPal yang dapat melayani semua orang dari usaha kecil hingga konsumen individual.

Cicil, yang berbasis di Indonesia dan baru saja diterima dalam program Launchpad Accelerator Google, melangkah ke arah yang berlawanan. Platform fintech berjalan setelah niche, dan satu sering diabaikan oleh pemain lain: mahasiswa.

“Co-founder saya, Edward dan saya bertemu selama studi kami, dan kami menyadari bahwa ada populasi siswa yang tidak berpendidikan tinggi di Indonesia. Mengingat bahwa kami adalah siswa, kami bertekad untuk membantu memecahkan masalah ini, “kata Founder Leslie Lim.

Cicil memperluas penyertaan keuangan kepada siswa yang tidak memiliki kartu kredit namun tetap ingin membeli sesuatu dengan pembiayaan. Melalui Cicil, siswa bisa membeli barang premium yang mereka butuhkan, seperti printer atau laptop, tanpa memiliki kartu kredit.

Perjalanan pengguna di Cicil sederhana. Pengguna memilih barang yang ingin mereka belanjakan, beserta rencana pembayaran ideal mereka. Mereka kemudian mengisi formulir pendaftaran di Cicil dan mendapat tanggapan dalam dua hari kerja. Setelah disetujui, pengguna kemudian harus melakukan pembayaran angsuran setiap bulan dan diingatkan oleh Cicil saat rencana mereka jatuh tempo.

“Sering kali biaya awal laptop atau tablet sekolah sangat mahal, jadi siswa harus menabung selama berbulan-bulan sebelum mereka dapat melakukan pembelian tersebut. Tapi dengan memecahnya menjadi cicilan bulanan yang lebih kecil, para siswa bisa mendapatkan barang yang mereka butuhkan lebih cepat, “kata Lim.

Siswa sering menggunakan Cicil dalam situasi darurat.

“Kami memiliki satu pelanggan yang membutuhkan laptop secepatnya karena yang sekarang rusak dan dia mendapat tugas sekolah pada minggu yang sama. Untungnya, dia bisa mendapatkan penggantian melalui platform kami dengan cepat karena biaya awal yang lebih rendah, dan dia berhasil menyerahkan tugasnya tepat waktu, “saham Lim.

Cicil memfokuskan upaya akuisisi pengguna mahasiswa melalui iklan online, serta media sosial. Meskipun metode ini mungkin efektif membuat mereka tertarik untuk mendaftar di Cicil, titik kontak ini tidak cukup. Karena mayoritas siswa ini tidak memiliki kartu kredit, konsep pembiayaan juga baru bagi mereka.

“Konsep membayar melalui cicilan sangat baru bagi mahasiswa, jadi kami berusaha membantu dengan mendidik mereka tentang hal itu. Kami benar-benar telah menjalankan beberapa lokakarya pendidikan keuangan di berbagai universitas sehingga para siswa dapat belajar mengelola uang mereka dengan lebih baik di usia yang lebih muda, “kata Lim.

Selain partisipasi Cicil yang akan datang dalam Program Accelerator Google Launchpad, tim ini fokus untuk membangun platform mereka. “Kami ingin terus mengembangkan produk kami untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pelanggan kami,” kata Lim.